Home » , , , » BUPATI BREBES BUKA PKD ANSOR DI PONPES DARUSSALAM

BUPATI BREBES BUKA PKD ANSOR DI PONPES DARUSSALAM

Written By Unknown on Senin, 15 Juni 2015 | 03.51

Jatibarang - Sehubungan dengan krisis kader di kalangan pemuda NU untuk menjadi pengurus PKD (Pelatihan Kepemimpinan Dasar) yang dilaksanakan pada Ahad, 14 Juni 2015 di Pondok Pesantren Darussalam Jatibarang Kabupaten Brebes Jawa Tengah.
Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) di tiap-tiap ranting Se-Kecamatan Jatibarang, maka Pimpinan Anak Cabang (PAC) GP Ansor Jatibarang mengadakan kegiatan
Ketua Panitia PKD, Hadi Mulyanto, menyatakan bahwa pelaksanaan PKD ini sebagai wahana memperkenalkan sekaligus membumikan Ansor kepada para pemuda khususnya pemuda NU.
“Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan menyelaraskan Visi dan Misi Ansor di mana visi Ansor yaitu revitialisasi nilai dan tradisi, penguatan sistem kaderisasi dan pemberdayaan potensi kader, serta Misi Ansor yaitu Internalisasi nilai ASWAJA dan sifatur rasul dalam gerakan Ansor, membangun disiplin organisasi dan kaderisasi berbasis profesi dan menjadi sentrum lalu lintas informasi dan peluang usaha antar kader dengan stakeholder.” Urai Hadi, Alumnus PP Mahadut Tholabah Babakan Tegal.
Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa seseorang dikatakan NU apabila memenuhi ke-3 unsur, yaitu pertama amaliyah, kedua fikriyah, ketiga harokah. Jadi tidak bisa dikatakan kita sebagai orang NU kalau amaliahnya kita sudah NU, pemahaman kita sudah NU tapi kita tidak ikut harokah/gerakan atau organisasi NU dalam hal ini kalau pemuda yang usianya 20 thn – 40 tahun ya di Ansor, ataupun sebaliknya amaliyah kita sudah NU di mana kita suka tahlilan, mauludan, ziyarah kubur, sholawatan dan lain sebagainya, kitapun sudah ikut Ansor sebagai harokah walaupun anggota misalnya, tapi kalau fikriyah kita, pola fikir kita masih ekstrim dan radikal, ya tidak bisa kita di katakan orang NU”.
“Sebab fikriyah (pola fikir NU) itu adalah tawasutiyyah / moderat, Tasamuhiyyah / toleran, Islahiyyah / damai / reformatif, tathowwuriyyah / dinamis, manhajiyyah / metodologis.” Jelas alumni Pascasarjana Unwahas ini.
Dalam kesempatan lain, Ketua PAC GP Ansor Jatibarang, Jazuli Purnomo, menjelaskan bahwa Ansor adalah generasi penerus para ulama sehingga kita sebagai pemuda harus siap melanjutkan perjuangannya.” Ujarnya.
Kegiatan PKD PAC GP Ansor Kecamatan Jatibarang ini dibuka oleh Bupati Brebes Hj. Idza Priyanti, SE yang dalam sambutannya menyampaikan “PKD ini hendaknya diikuti dengan seksama oleh peserta sehingga nantinya setelah acara PKD selesai ada manfaat yang didapat dari Pelatihan Kepemimpinan Dasar ini. Kalian juga nantinya adalah pemimpin paling tidak memimpin pada diri sendiri dan nanti pada keluarganya .” Urai Bupati.
Sementara, di lokasi PKD tampak hadir para peserta perwakilan 22 desa sekecamatan Jatibarang dan utusan dari PAC lain serta santri-santri pondok.
Sedangkan di deretan tamu undangan dan sesepuh NU tampak hadir PC NU Brebes sekaligus Pengasuh Ponpes Darussalam Syech Sholeh Muhammad Basalamah, Ketua MUI Kab.Brebes KH. Achmad Said Basalamah, Kaur Binop Binmas Polres Brebes Ipda Nursalim, Ketua Komisi IV DPRD Brebes Imam Royani,S.Pd.I, H. Musyaffa Anggota DPRD Brebes, Drs.KH.Muhidin Ketua Tanfidz MWC NU Jatibarang, Syarifudin dari PW GP Ansor Jawa Tengah, Danramil 02 Jatibarang Kapten Inf Nurhadi, Rochmat dari Polsek Jatibarang, Panglima IMBI Komandan Ikhwan HMS, Sekjen IMBI Jenal Pudin, perwakilan Camat Jatibarang serta beberapa perwakilan banom NU lainnya.

(Kontributor : Hadi Mulyanto Jatibarang, Ed : Slamet DH)

0 komentar :

Posting Komentar