Home » , , , , , , , » Ketua Kelompok PKH Ikuti Pelatihan Mengelola Kelompok di Ketanggungan

Ketua Kelompok PKH Ikuti Pelatihan Mengelola Kelompok di Ketanggungan

Written By Unknown on Jumat, 26 Juni 2015 | 01.17

Dukuhturi, CK -  Sebanyak 72 orang ibu-ibu ketua kelompok
Program Keluarga Harapan (PKH) di Kecamatan Ketanggungan mengikuti kegiatan pelatihan pengelolaan kelompok Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2) selama dua hari sejak 25 Juni kemarin. Kegiatan dilaksanakan di 3 tempat yang berbeda, yaitu MI Darul Ulum 01, MI Darul Ulum 02 dan MI Bustanun Nasyi’ien Desa Dukuhturi. Kegiatan ini diikuti oleh 4 desa di Kecamatan Ketanggungan yang masuk dalam kategori sebagai desa intervensi yang melaksanakan PKH Prestasi, yaitu Desa Baros, Dukuhturi, Padakaton dan Ketanggungan.
Kegiatan yang diadakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes dan UNICEF ini bertujuan agar para ketua kelompok PKH memiliki keterampilan dan kemampuan dalam mengelola kelompok di desanya masing-masing. Tutor dalam pelatihan ini adalah para pendamping yang sudah mengikuti pelatihan pengelolaan ketua kelompok yang sudah dilaksanakan sebelumnya oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes bersamaan dengan kegiatan refreshing P2K2 pada pertengahan bulan Mei yang lalu.
Dalam kegiatan ini, ibu-ibu ketua kelompok PKH mendapatkan pengetahuan tentang keterampilan mengelola kelompok PKH, teknik perkenalan, curah pendapat, jenis-jenis permainan (ice breaking) serta pengenalan tentang pentingnya menjaga kesehatan. Salah satu peserta dari Ketanggungan, Ibu Atun, mengungkapkan perasaan senangnya mengikuti kegiatan pelatihan ini karena kegiatannya dikemas dengan permainan.
“Saya pikir pelatihan itu seperti anak-anak sekolah. Eh.... nggak tahunya banyak mainannya, tapi ilmunya juga banyak yang saya dapatkan.” Ujarnya.
Hal senada diungkapkan oleh peserta yang berasal dari Baros, Ibu Sonati, yang menyatakan kepuasannya mengikuti pelatihan seperti ini.
“Pelatihan ini memberikan saya banyak pengetahuan baru yang sebelumnya belum pernah saya miliki.” Tutur ibu dua anak ini.

Hadir juga dalam acara tersebut, perwakilan dari Dinas Kesehatan dan UPPKH Kabupaten Brebes sebagai panitia, perwakilan UNICEF sebagai peninjau.. Di akhir acara pelatihan, para ketua kelompok PKH berkomitmen untuk mensukseskan agenda P2K2 sesi kesehatan dan gizi yang dilaksanakan saat pertemuan bulanan anggota PKH dengan cara membantu tugas pendamping PKH dalam mengelola kelompok PKH. (Slamet DH).

0 komentar :

Posting Komentar