Home » , , , , , » PEMASOK TELOR ASIN MERK “GOLDEN EGG 21” DIMINATI PASAR

PEMASOK TELOR ASIN MERK “GOLDEN EGG 21” DIMINATI PASAR

Written By Unknown on Senin, 29 Juni 2015 | 18.32

Telor Asin Golden Egg 21 Brebes
BREBES, (Celotehketanggungan.com)- Bila anda bepergian ke jalur Pantura Pulau Jawa, dipastikan akan terlihat sepanjang jalur pantura banyak para penjual telor asin. Jenis telor asin yang ada yakni telor Pangon, Telor Asin Panggang, Telor Asin mentah asin, telor asin bakar. Itulah sebutan dari Kota Brebes sebagai kota penghasil telor asin terbesar di Indonesia.

Para peternak dan pengrajin saling bersinergi untuk memenuhi kebutuhan pasar, kadang-kadang peternak merangkap sebagai pengrajin telor asin, mereka mahir untuk mengolah telor itik menjadi telor asin yang rasanya gurih, dan lezat dengan berbagai rasa. rasa yang sangat beda inilah yang para pembeli akan merasa ketagihan untuk membeli produk telor asin dari Brebes. 

Berdasarkan pantuan celotehketanggungan.com ada seorang pedagang besar sebagai pemasok telor asin yang beralamat di Desa Kersana, Kecamatan Kersana dengan nama Golden egg 21 milik H. Marlin Baskoro. Lewat produksinya beberapa pedagang kecil yang berjualan disepanjang jalur raya Ketanggungan dan sekitarnya di Brebes dipasok, sehingga wajar jika permintaan telor asin Golden Egg ( Telor Asin mentah yang didalamnya berwarna merah sebutan Golden Egg), sekarang ini di minati oleh pasar.

" Peminat telor jenis golden egg  saat menjelang lebaran ini sangat tinggi, mereka harus order terlebih dahulu dan sistem pembayarannya tunai," ujar Marlin kepada celotehketanggungan.com, Selasa (30/6).

Ia juga menambahkan sementara ini usaha kami belum ada masalah baik dari pasokan bahan, sisi kualitas produk, kontinuitas kiriman, maupun komplen terhadap produk yang dikirim. Usaha yang digeluti ini  menerapkan system rasa kepercayaan  di dalam menjual produk dan menjamin produk yang dijual, bahkan pemilik usaha ini memberikan janji bila ada barang yang dikirim rusak atau pecah siap untuk diganti.
 
Produksi  selama bulan ramadhan dan lebaran lebih banyak untuk pasokan lokal Brebes, hanya 10% yang diluar Brebes.  Harga untuk produk telor asin mentah yang sudah diasinkan adalah berkisar antara 2.200 belum ongkos kirim, ini akan ada kenaikan jika mendekati lebaran.

Adapun tips untuk membuat telor asin golden egg sebenarnya mudah yaitu : Pilih telur yang bermutu baik, dengan cara di sortir pakai cahaya, cucilah telur dan bersihkan telur dari kotoran yang melekat. Lebih baik lagi bila menggunakan air hangat. Keringkan telur yang telah dicuci tersebut. Gunakan lap agar proses dapat berjalan lebih cepat. Amplas seluruh permukaan telur secara merata agar pori-porinya terbuka. Ketika mengamplas jangan terlalu lama sebab kulit telur akan semakin tipis sehingga akan semakin mudah retak atau pecah.

Untuk membuat adonan pengasin. Pertama-tama buat campuran abu gosok dan garam dengan perbandingan 1:1. Setelah itu tambahkan air secukupnya sampai membentuk pasta. Selain abu gosok dapat juga menggunakan bubuk bata merah. Bungkus setiap telur dengan adonan secara merata di permukaan telur dengan tebal ±2 mm. Simpan telur dalam ember plastik selama 2-3 minggu dan letakkan pada ruang terbuka.. Semakin lama disimpan kadar garam dalam telur akan semakin tinggi sehingga telur akan semakin awet tetapi rasanya akan semakin asin. Setelah selesai bersihkan telur dan pastikan telur tetap dalam keadaan utuh dan bagus. Kalau telor itu sudah asin dan mau awet  perlu di simpan pada suhu 12-15oC dan kelembaban udara 70-80%.

Tipe yang lain setiap orang mempunyai selera yang berbeda mengenai rasa asin ini. Karena itu, penggunaan garam dan waktu pengasinan sebaiknya dibatasi, sampai taraf yang enak dinikmati oleh lidah konsumen. Telur asin yang baik akan bebas dari rasa amis, pahit, bau amoniak, bau busuk, serta rasa dan bau lainnya yang tidak diharapkan.  Telur asin yang baik hanya mengandung minyak di bagian pinggirnya saja. Apabila campuran adonan garam yang digunakan tidak sempurna, yang dihasilkan adalah putih telur yang berwarna kebiruan. Bila ke dalam adonan ditambahkan sedikit kapur, putih telur akan berwarna kekuningan. 
( Bahrul Ulum )

0 komentar :

Posting Komentar