Home » , , , » Pembangunan Masjid Terbengkalai di Desa Buara, Butuh Partisipasi Warga

Pembangunan Masjid Terbengkalai di Desa Buara, Butuh Partisipasi Warga

Written By Unknown on Kamis, 18 Juni 2015 | 21.25

BUARA, CelotehKetanggungan.com- Harapan masyarakat untuk berdirinya pembangunan Masjid di Dusun Bengkelung Desa Buara,  Kecamatan Ketanggungan nampak belum terwujudkan, masih butuh uluran tangan dari semua pihak. Setiap hari jum’at warga Laki-laki di Dusun ini terpaksa menempati mushola kecil untuk melaksanakan shalat jum’at berjamaah, dikarenakan rencana pembangunan masjid selesai tahun yang lalu, namun masih terbengkalai, warganya baru bisa membangun pondasi bangunan masjid. Untuk melanjutkan kembali terbentur dengan anggaran yang ada. 
Kondisi Sekarang Pembangunan Masjid Dusun Bengkelung

Dusun ini merupakan salah satu dusun yang ada di Desa Buara Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes, Akses jalan menuju dusun ini sangatlah memprihatinkan, jalanan tanah berbatu yang naik turun, kondisi ini diperparah apabila musim penghujan tiba, jalanan berubah menjadi kubangan air bercampur dengan tanah liat, Selain akses ke lokasi Dusun ini sulit dijangkau, belum lagi pada pelayanan bidang kesehatan dan pendidikan, banyak anak yang putus sekolah, dan saat sakit warganya harus menempuh jalan yang rusak.

Hasil Survei Tim Fesbuker Brebes saat meninjau lokasi tersebut, Sabtu (13/6) membenarkan bahwa di Dusun Bangkelung Desa Buara Kecamatan,  warga sudah berupaya membangun masjid, namun baru sebatas fondasi saja. Untuk menempuh ke dusun Nambo yang ada masjid, warganya harus menempuh jarak 2,5 KM.

" Di atas tanah Wakaf dari sesepuh dusun, warganya sudah berencana didirikan masjid, luas tanah  9m x 9m, anggaran yang diperlukan untuk membangun sebuah sarana ibadah sekitar minimal 300 Juta, di dusun diperkirakan ada 100 kepala keluarga, menurut kami layak jika didirikan masjid, Kondisi sekarang masyarakat berharap ada sumbangsih dana dari para donatur untuk kepentingan warga, "  ujar Ahmad Ryanto selaku ketua tim survei Fesbuker Brebes. 

Salah satu warga desa Zainal Fatikhin, juga membenarkan adanya tim survai dari fesbuker Brebes yang meninjau langsung. Masyarakat Desa sebenarnya sudah berupaya semaksimal mungkin, dimana sudah membuat proposal pembangunan masjid ini, dan sudah diajukan ke Pemerintah Daerah sejak April 2014, namun belum ada respon.

" Donasi swadaya sudah dikumpulkan masyarakat, baru ada sebesar 11 juta dan sudah dibelanjakan dalam bentuk material,” ujarnya.

Selanjutnya berdasarkan pantuan celotehketanggungan.com Jum'at (19/6) setelah ada gerakan dari komunitas fesbuker Brebes, sudah nampak ada beberapa donatur yang tergerak hatinya untuk menyumbangkan 100 sak semen untuk pembangun
an masjid tersebut. Bagi yang ingin memberikan donasi bisa menghubungi ketua pembangunan masjid yakni Ustad Zainal Fatikhin di 087760760415

( Faedul Hasan Edito BU)

0 komentar :

Posting Komentar