Home » , , , » 56 Guru PAI SD Ikuti Pelatihan Qiroatul Murottal di Kemenag Kab. Brebes

56 Guru PAI SD Ikuti Pelatihan Qiroatul Murottal di Kemenag Kab. Brebes

Written By Unknown on Minggu, 24 Januari 2016 | 18.12

Sebanyak 56 guru PAI  Sekolah Dasar Kecamatan Ketanggungan ikuti pelatihan Qiroatul Murottal Guru SD PAI Se Kabupaten Brebes, yang bertempat di Aula Kankemenag Kabupaten Brebes, Rabu, (20/01).
Kasi Pendidikan Agama Islam, Drs H. Basyori, MSI dalam sambutannya menuturkan bahwa pelatihan Qiroatul Murottal ini diwajibkan bagi guru PAI SD se-Kabupaten Brebes, baik yang PNS maupun yang Non PNS, karena banyak sekali ilmu yang akan didapat mengenai bacaan murottal. Pada pelatihan ini setiap pelatihan akan mendapatkan CD tutorial murottal yang bisa dijadikan materi untuk mengajar dan sebagai penunjang materi lomba MAPSI. Basyari berharap semoga ilmu yang disampaikan oleh pemateri bermanfaat bagi Bapak dan Ibu guru di Sekolah.
Hadir sebagai Narasumber pelatihan qiroatul murottal dari Griya Murotal Indonesia Ust. Anwar Subekti. Beliau mengutip pada hadits Nabi “ Hiasilah Al-qur’an dengan suaramu” dan“ Dan bacalah Al-qur’an dengan berlahan-lahan (tartil)”, Dalam Belajar qiroah murottal selain tajwid dan makharijul hurufnya harus benar juga nadanya harus pas, agar menarik dan enak didengar, murotal dan qiroah itu berbeda, kalau murotal itu yang sering dilafalkan setiap saat seperti saat seperti dalam shalat, tadarus sedangkan qiroah itu bacaan Alqur’an yang diperindah oleh irama dan lagu, yang sering dibacakan oleh Qori.
Ketua Kelompok Kerja Guru (KKG) PAI SD Kecamatan Ketanggungan, Nurhadi S.Pd.I menuturkan pelatihan qiroatul murottal ini sangat menarik sekali dan pelatihnya juga pintar menirukan suara Imam Masjidil Haram Syeikh Abdurahman Syudais, Syeikh Misyari Rasyid dan Syaikh Hani Arrifai.
Pelatihan qiroatul murottal ini di ikuti 16 Kecamatan se Kabupaten Brebes, yang terbagi 4 gelombang yaitu. pelatihan yang gelombang pertama pada hari Senin yang diikuti 4 Kecamatan yaitu Kecamatan Kersana,Tanjung , Wanasari dan Brebes, gelombang ke 2 pada hari Selasa yang diikuti oleh Kecamatan Bulakamba,Larangan, Jatibarang dan Banjarharjo, gelombang yang ketiga pelatihan diikuti 4 Kecamatan yaitu Kecamatan Ketanggungan, Losari, Bantarkawung dan Salem dan gelombang ke-4 pada hari Kamis yang diikuti oleh Kecamatan Bumiayu, Tonjong, Songgom dan Paguyangan.
(Faedhul Hasan / Slametdh)

0 komentar :

Posting Komentar