Home » , , , » Kuntoro : Jurnalis Harus Patuhi Kode Etik

Kuntoro : Jurnalis Harus Patuhi Kode Etik

Written By Unknown on Sabtu, 02 Mei 2015 | 01.42

KETANGGUNGAN -  Seorang jurnalis harus selalu berpegang teguh pada kode etik jurnalistik. Hal tersebut dikatakan Ketua PWI Kabupaten Brebes, Kuntoro Tayubi, pada kegiatan pelatihan jurnalistik warga yang diselenggarakan oleh media jurnalis warga Celoteh Ketanggungan di Balai
Pelatihan Jurnalistik Warga Celotehketanggungan.com
Desa Dukuhturi, Kecamatan Ketangggungan, Sabtu (2/5).

“Kode etik jurnalistik merupakan ruh pemberitaan yang harus selalu dipatuhi oleh para jurnalis. Jurnalis juga harus memperhatikan etika dalam melakukan reportase yang meliputi cover both side, memegang prinsip fairness dan keseimbangan pemberitaan ”, papar Kuntoro.

Kegiatan ini dihadiri oleh lebih dari 25 peserta dari berbagai elemen masyarakat seperti guru, GP Ansor, Forum Anak Ketanggungan, aparatur pemerintahan dan unsur masyarakat lainnya. Dari pantauan penulis, para peserta menyambut positif adanya kegiatan semacam ini.

“Saya senang sekali dengan adanya kegiatan ini karena dapat belajar tentang jurnalistik, dan bisa ikut serta dalam meningkatkan kemajuan Kabupaten Brebes, khususnya di Kecamatan Ketanggungan,” kata Kiki, salah satu peserta dari Forum Anak Ketanggungan.

Menurut penyelenggara, Poniran, acara ini diselenggarakan untuk mempersiapkan calon kader jurnalis di kecamatan Ketanggungan yang nantinya diharapkan bisa menjadi kontributor pemberitaan di Media Jurnalis Warga Celoteh Ketanggungan.

“Kami beserta teman-teman telah membuat sebuah wadah jurnalistik bagi masyarakat karena banyak peristiwa-peristiwa penting di wilayah kecamatan Ketanggungan yang tidak tercover oleh media formal. Maka kehadiran Celoteh Ketanggungan sebagai media warga diharapkan dapat menjadi corong pemberitaan,” Kata Poniran.

Di akhir acara, para peserta melakukan simulasi untuk membuat berita sederhana tentang kegiatan pelatihan jurnalistik tersebut dan mempresentasikan hasil yang sudah di buat. (Slamet Editor Kuntoro Tayubi)

0 komentar :

Posting Komentar