Home » , , , » Pers Bisa Mempercepat IPM Daerah

Pers Bisa Mempercepat IPM Daerah

Written By Unknown on Minggu, 03 Mei 2015 | 06.10

Pelatihan Jurnalistik Warga di Desa Dukuhturi
KETANGGUNGAN - Pers merupakan salah satu faktor pendukung utama dalam percepatan indeks prestasi pembangunan (IPM) di daerah, karena pers mempunyai peranan penting dalam penyampaian berbagai informasi kepada publik maupun kepada pemerintah yang lebih atas tentang isu di suatu daerah.

Demikian disampaikan Ketua PWI Pokja Brebes, Kuntoro Tayubi dalam kegiatan pelatihan jurnalis warga celotehketanggungan.com, Sabtu (2/5) kemarin, di Balai desa Dukuhturi, Kecamatan Ketanggungan, Brebes. Kegiatan yang diinisiasi oleh PWI Pokja Brebes dan group media sosial Facebook Celoteh Brebes Membangun (CBM) tersebut juga sekaligus menandai peluncuram portal www.celotehketanggungan.com

“Betapa pentingnya peran media pers dalam pembangunan masyarakat bangsanya, untuk itu Pers merupakan bagian yang sangat strategis dalam proses pembangunan setempat. Tanpa tersedianya media pers seperti lokal community media niscaya akan lebih menyulitkan pembangunan daerah yang bersangkutan,” ujar Kuntoro.

Kuntoro menambahkan, Portal Berita www.celotehketanggungan.com sebagai lembaga edukatif dan inovatif dalam menyajikan informasi kepada publik diharapkan menjadi pendorong dalam pembangunan. Manfaat utama dari kehadiran media pers di suatu daerah menjadi forum dialog publik sebagai alat bagi terlaksananya proses demokrasi guna terwujudnya pembangunan masyarakat dan daerah.

Hal senada disampaikan Admin CBM, Bahrul Ulum, Msi. Ia mengatakan melalui media pers, masyarakat dapat bercakap-cakap dengan satu sama lainnya, kemudian melalui media pers pemerintah dan para pemimpin akan lebih gampang menyampaikan kebijakannya kepada publik, sebaliknya akan dengan mudah menyampaikan aspirasi.

“Sebelumnya CBM dan PWI sudah menginisasi peluncuran media jurnalis warga di kecamatan Larangan. Sekarang di Ketanggungan, dan besok di Wanasari dan Bulakamba, mudah-mudahan media yang menampung informasi dari warga ini dapat di bentuk ditempat lain di wilayah Kabupaten Brebes,” kata Ulum.

Sedikitnya 30 pemuda dari perwakilan  desa dan organisasi kepemudaan setempat hadir dalam kegiatan tersebut. ( Kuntoro Tayubi)

0 komentar :

Posting Komentar