Home » , , , » Ribuan Pengunjung Padati Pelantikan GP Ansor Karangbandung

Ribuan Pengunjung Padati Pelantikan GP Ansor Karangbandung

Written By Unknown on Minggu, 17 Mei 2015 | 01.07

Ribuan Pengunjung Padati Pelantikan GP Ansor Karangbandung

Karangbandung – Lebih dari 4000 pengunjung tumpah ruah di dalam dan di halaman Masjid Jami Al-Istiqomah Desa Karangbandung Ketanggungan Brebes menghadiri Kegiatan Pelantikan Pengurus Pimpinan Ranting GP Ansor yang dirangkai dengan Manakib Kubra yang dilaksanakan oleh MWC NU Ketanggungan, Minggu (17/5) siang tadi. Pengunjung yang sebagian didominasi oleh kaum perempuan itu sudah mulai berdatangan sejak pukul tujuh pagi. Rasa antusias menghiasi wajah mereka untuk menunggu tausiyah dari K.H. Dr. Faris Elt Haq dari Buntet Cirebon.

Acara yang digagas oleh MWC NU Ketanggungan ini sejatinya merupakan acara rutin yang dilaksanakan setiap hari Minggu Legi di setiap ranting secara bergilir. “Ini merupakan upaya untuk meningkatkan syiar Islam di Kecamatan Ketanggungan agar masyarakat tidak begitu saja menerima faham-faham yang saat ini terkesan radikal,” Begitu kata K.H. Ahmad Rois, Ketua MWC NU Ketanggungan dalam sambutannya.
Senada dengan beliau, Rejeh Juanda, SH, Camat Ketanggungan menekankan perlunya kewaspadaan masyarakat dalam menerima faham-faham radikalisme di sekitarnya. “Kita harus menjaga ketenangan dan ketenteraman lingkungan masing-masing, jangan mudah terprovokasi oleh faham-faham yang menimbulkan keresahan di masyarakat.” Jelasnya.
Pada kegiatan tersebut, diisi dengan berbagai acara, mulai dari penampilan hadrah dari desa setempat yang cukup memukau, kemudian diteruskan dengan pembacaan Manakib yang dipimpin oleh Ust. Abdulloh Faqih.
Kekhidmatan semakin terasa ketika acara pelantikan pengurus Ranting GP Ansor dilakukan. Diawali lagu Indonesia Raya, Lagu Mars Ansor dan Mars Banser, dengan khidmat para pengurus melakukan pengucapan sumpah oleh Ketua PAC GP Ansor Ketanggungan, Ujang Shofil Anam. Dalam pelantikan ini, Komandan Ikatan Motor Banser Indonesia (IMBI) Kab. Brebes, H. M. Ikhwan menyampaikan amanat kepada pengurus Ansor agar mereka selalu mengedepankan akhlak karimah dalam melaksanakan tugas kemasyarakatan.
“Tampang boleh militer, tetapi kepribadian harus mencerminkan teladan mulia, itulah Banser.” Tegasnya.
Pada puncak acara, mubalig menyampaikan ceramah tentang sejarah berdirinya Negara Indonesia yang tidak lepas dari peran serta para ulama NU dan para santri. “Mbah Kyai Hasyim Asy’ari dan K.H. Abas Buntet merupakan motor penggerak terjadinya Resolusi Jihad yang kemudian memunculkan Pertempuran Surabaya 10 November. Karena itu, para Banser harus mewarisi jiwa patriotisme dan nasionalisme para pendiri bangsa ini.” Kata Faris dalam tausiyahnya.

Acara ini berlangsung hingga pukul 12.15 WIB yang dilanjutkan shalat dzuhur berjamaah. Dan di akhir acara, para anggota IMBI dan Ansor melakukan ziaroh ke makam Syekh Ahmad Badawi Ketanggungan. (SlametDH)

0 komentar :

Posting Komentar