Home » , , » Ratusan Delegasi Organisasi Menerima Pendidikan Politik

Ratusan Delegasi Organisasi Menerima Pendidikan Politik

Written By Unknown on Kamis, 18 Februari 2016 | 20.01

Celotehketanggungan.com, Brebes - Menjelang Pilkada di Kabupaten Brebes tahun 2017, Kantor Kesbangpol Brebes mengadakan seminar Pendidikan Politik Bagi Elemen Masyarakat di Kabupaten Brebes. Bertempat di Gedung Korpri Brebes, hadir beberapa utusan dari Danramil, organisasi kepemudaan, KNPI, mahasiswa, tokoh masyarakat, tokoh agama. Rabu, (16/02).
Sosialisasi Pendidikan Politik Bagi Elemen Masyarakat

Kasubbid Kesbangpol Provinsi Jawa Tengah Haerudin menerangkan tentang pentingnya pendidikan politik. Kabupaten Brebes yang akan (Pilkada) pada Tanggal 15 Februari 2017. " Indikator Pilkada sukses apabila partisipasi pemilih meningkat dan apabila partisipasi pemilih menurun maka Pilkada tersebut terbilang tidak sukses, tugas kita sebagai warga negara harus ikut mendorong kepada masyarakat untuk menggunakan haknya," katanya.

Ia menambahkan bahwa pendidikan politik adalah proses pembelajaran dan pemahamaman tentang hak, kewajiban dan tanggung jawab setiap warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. " Demokrasi kita adalah demokrasi pancasila, yang mana musyawarah mufakat lebih dominan dari pada proses voting (pemilihan), tapi realitas di masyarakat lebih mendahulukan voting dari pada musyawarah mufakat," imbuhnya.

Salah satu Narasumber lain yakni Dandim 07 yang diwakili oleh Kapten Dirman selaku Danramil Brebes memaparkan tentang Ancaman dalam membangun Integritas Nasional. " Ancaman adalah  setiap usaha dan kegiatan baik dari dalam maupun luar negeri yg membahayakan kedaulatan negara, keutuhan wilayah negara dan keselamatan segenap bangsa, sedangkan  ancaman dapat diartikan sebagai suatu hal atau upaya yang bersifat dan bertujuan mengubah dan merombak kebijakan yang dilaksanakan secara konseptual," ungkapnya.

Selanjutnya Narasumber dari Kasatbinmas Polres Brebes Radiati, SH menjelaskan tentang Siskamling Sebagai Deteksi Dini Pencegahan Teror. " Siskamling adalah salah satu bentuk perpolisian dengan masyarakat, masyarakat harus berperan aktif menjaga keamanan di lingkungannya. Siskamling yang bertujuan untuk menciptakan situasi dan kondisi  yang aman, tertib dan tentram di lingkungannya dan terwujudnya kesadaran masyarakat di lingkungan dalam penanggulangan gangguan kamtibmas dan Siskamling berfungsi untuk menanggulangi ancaman dan gangguan terhadap lingkungan dengan upaya  Pre-emptif  mencermati setiap gejala dan Preventif  melalui giat pengaturan, penjagaan, patroli, ronda dll,"terangnya.  (faedhul hasan )

0 komentar :

Posting Komentar